Home » » Cara Convert dan Mengedit video dengan mudah

Cara Convert dan Mengedit video dengan mudah

Xilisoft
Xilisoft Video Converter adalah software converter, gunanya yaitu untuk menconvert/ merubah format file agar bisa disesuaikan dengan file yang compatible yang kita inginkan, converter ini bisa digunakan untuk mengconvert file diantaranya AVI, MPEG, WMV, H.264, AVC, DivX, AVC, MOV, RM, XviD, FLV, VOB, DAT, MP2, MP3, M4A, AC3 dan OGG. Sebenarnya masih banyak lagi fungsi dari software xilisoft ini, termasuk extension yang compatible untuk smartphone anda.

Kenapa saya anjurkan xilisoft ? karena software ini sangat ringan, mudah digunakan dan ukuran filenya juga tidak besar jika dibandingkan converter seperti TMPGEnc tetapi soal kualitas tidak jauh berbeda. Cara menggunakanya juga mudah, berikut saya beri sedikit tutorial :
    
1. Install dulu (jika belum punya software bisa download di sini
2. Buka Aplikasinya dan klik add files, (ada tanda video dan +)
3. Tentukan format file yang diinginkan, bisa avi, mpeg, wmv, mp3, mp4 dll
4. Setting ukuran file di sebelah kanan, untuk lebih lengkapnya klik tanda panah 2 biji (show advanced     setting)
5. Jika sudah tentukan tempat di mana hasil convert akan disimpan dengan klik browse di bawah.

Berikutnya adalah mengedit video :

Mengedit gambar sepertinya sudah banyak yang bisa melakukannya, namun bagaimana dengan mengedit video audio? saya pikir masih banyak orang belum bisa melakukannya. Banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit video, beberapa diantaranya adalah Ulead, Pinnacle, Sony Vegas, Canopus Edius, Adobe Premiere dan banyak lagi yang lainnya, di sini saya akan memberikan contoh cara mengedit dengan menggunakan Adobe Premiere Pro 2.0, karena aplikasi ini
termasuk yang terbaik dan paling mudah dipelajari.

 Oke langsung saja kita berbagi, pertama - tama tentu saja harus memiliki aplikasi adobe premiere pro 2.0 dan terinstal di pc/ laptop sodara - sodara. Jika belum punya nanti sakan saya bagikan link nya untuk didownload karena kebetulan sekarang belum diupload, selanjutnya buka adobe premiere pro 2.0 dan setelah itu klik new project.

Adobe Premiere pro 2
 Berikutnya anda harus setting project sesuai kebutuhan anda, ada ukuran PAL, NTSC, HD dan beberapa pilihan lain. Jika anda menginginkan ukuran standar tv di indonesia anda akan memilih ukuran PAL yaitu ukuran videonya 720x576 standart 48mhz. Setelah itu simpan file di tempat yang anda inginkan. 
Setelah halaman terbuka maka anda harus memasukkan file atau video atau bisa juga hanya audio dengan cara import ke adobe premiere, caranya klik file yang di ujung kiri atas aplikasi pilih import - setelah muncul jendela baru anda tinggal pilih filenya klik import, maka video anda akan masuk ke dalam halaman bin di aplikasi, anda hanya perlu menarik file tersebut atau dengan cara drag ke halaman time line yang biasanya secara default terdiri dari 3 time line video dan 3 timeline audio. nah berarti langkah pertama sudah selesai. Catatan tambahan : tidak semua file video bisa masuk ke dalam aplikasi adobe premiere pro 2.0, maka apabila anda memiliki file diluar extension atau yang compatible dengan aplikasi ini misal file mp4, mts, maho, mkv dan beberapa file lain anda perlu mengconvert file tersebut terlebih dahulu, di sini direkomendasikan untuk convert file ke format avi atau mpeg, jika belum memiliki converternya berikut link untuk download (gratis tentunya)

Download Xilisoft Video Converter

Langkah berikutnya adalah memotong video/ audio atau yang disebut mengedit, biasanya kita akan membuang video yang tidak diinginkan untuk tampil dalam project tersebut, pertama yang harus diketahui adalah cursor yang dipakai secara umum hanya ada dua yaitu cut (memotong video) dan select tool. Untuk memotong video kita bisa menekan huruv c pada keyboard lalu pilih bagian mana yang akan dipotong dan delete video yang tidak diinginkan setelah itu untuk mengembalikan ke select tekan tombol v.


Edit Project

Setelah kita membuang file yang tidak diinginkan biasanya yang bergoyang atau tidak fokus, maka kita bisa menambahkan effect atau transisi (perpindahan gambar). Caranya kita lihat di sebelah kiri time line, di situ ada kolom effect yang dari bawaan softwarenya memang sudah cukup banyak disediakan maka kita tinggal pilih di dalamnya mau memasukkan effect atau transisi dan tinggal diatur saja sesuai keinginan.

Nah setelah semua dikerjakan sesuai yang diinginkan, maka kita harus cek lagi mungkin ada yang masih salah atau belum sempurna, jika sudah maka tahap selanjutnya adalah finishing/ render.
Cara merender tidak sulit, pertama - tama kita klik i di keyboard di awal video dan klik o di ujung video untuk mengetahui durasi video yang kita edit, jika belum sesuai kita sesuaikan sesuai order, hehehe. Jika sudah sesuai semua maka klik dua kali di time line atas yang ada tulisan waktunya untuk memunculkan clip marker atau bahasa enaknya kurungan, hehehe. 

Batas render

Ok kalau semua sudah mari kita render, pertama klik file - export - movie setting - ok - tentukan lokasi penyimpanan - save, ini gambarnya : 
Render adobe premiere

Selesai sudah mengedit videonya, ini hanya tutorial dasar edit video menggunakan Adobe Premiere Pro 2.0 apabila kita rajin mencoba dan sudah terbiasa menggunakannya maka dijamin anda akan suka menggunakannya, meski sekarang sudah sudah ada adobe yang versi cc 2015, tapi performa adobe premiere pro 2.0 tidaklah buruk dan masih digunakan para professional.
Sekian dulu tutorialnya, bagi yang ingin menambahkan silahkan berkomentar jangan ragu - ragu, bagi yang ingin berbagi juga boleh, terima kasih sudah mampir di blog ane.

Thanks for reading & sharing JustDoIt

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment


Popular