Home » , » Penyebab motor bunyi tek – tek – tek di pagi hari

Penyebab motor bunyi tek – tek – tek di pagi hari

Kebetulan saya memiliki kendaraan mega pro keluaran tahun 2009, nah setelah lika – liku masalah datang menghampiri silih berganti pada si megi kesayangan ternyata tidak bosan – bosan si megi ngasih masalah baru, beginilah kira – kira kronologosnya. Suatu pagi ane keluar rumah membawa secangkir kopi sambil kuhisap sebatang rokok, nah disitulah saya biasa sambil manasin motor dan terjadilah peristiwa mengherankan karena motor saya kok bunyi tek – tek – tek, awalnya saya biarkan saja karena suaranya lama - kelamaan hilang. Hari berganti bulan berlalu sampai suara tek – tek – tek semakin menjadi, dan pada cerita akhir saya harus merogoh kocek dan dompet hingga sekitar 700 ribu untuk ngilangin tu suara.

Jadi pernahkan sobat mengalami ketika bangun pagi dan menikmati secangkir kopi sambil memanaskan sepeda motor saat akan berangkat kerja, namun motor sobat berbunyi tek – tek – tek ?


Jika pernah berarti sobat memiliki nasib yang sama seperti saya, mari saya bagikan sedikit pengalaman saya. Untuk kasus motor bunyi tek – tek – tek pada pagi hari penyebabnya adalah rantai timing atau keteng yang sudah longgar. Saya sarankan sobat untuk segera mengganti rantai keteng tersebut untuk menghilangkan suara tek – tek – tek pada motor sobat. Sobat pasti juga merasa heran, kenapa bunyi tek – tek – tek pada motor sobat hanya terjadi pada pagi hari dan hilang setelah mesin dipanaskan. Jadi kalau menurut bengkel langganan saya hal tersebut dikarenakan rantai timing yang longgar tidak terlumasi oli dengan baik karena ada kerenggangan pada setiap rangkaian rantai timing tersebut, maka setelah dipanaskan oli akan melumasi rantai tersebut sehingga bunyi tek – tek – tek motor perlahan akan menghilang.

Berapa lama rantai timing yang bunyi klek – klek – klek tersebut bisa digunakan ?


Kalau saran saya sih sebaiknya segera ganti karena selain bunyinya tidak mengenakkan hati, semakin lama sobat menggantinya maka cost atau bianya nanti bisa – bisa membengkak. Begini sob kira – kira yang akan terjadi, jika sobat segera mengganti rantai timing yang bunyi tek – tek – tek maka sobat hanya akan menghabiskan biaya sekitar 100 ribu hingg 120 ribu. Rincianya adalah harga rantai timing baru untuk motor megapro asli merk AHM adalah 85 ribu rupiah plus ongkos pasang 25 ribuan, tetapi jika sobat ingin yang import atau yang made in japan harganya 340 ribu rupiah tinggal sobat pilih saja sesuaikan dengan kantong.
Rantai timing
Jikalau sobat memutuskan untuk menunda, dan masih tahan dengan suara tek – tek – tek di pagi hari maka nantinya biaya yang sobat keluarkan bisa memengkak layaknya telinga yang bengkak akibat mendengar suara tek – tek – tek setiap pagi. Jika terlalu lama sobat membiarkan hal tersebut yang terjadi adalah otomatis timing sobat akan ikut kena dampaknya, alhasil langsung saja saya beritahu harga otomatis timing untuk motor megapro adalah 480 ribu urupiah. Lumayan kan buat nambah bayar kost sebulan.

Yah begitulah kira – kira pengalaman tentang masalah motor bunyi tek – tek – tek di pagi hari, semoga bermanfaat untuk sobat sekalian yang telah sudi mampir dan yang belum sakit telinga segeralah ganti rantai timing sobat agar bisa menikmati kopi dengan nyaman dan uang kost pun aman. Sekian dan terima kasih, jika ada yang ingin menambahkan silahkan tulis di kolom komentar.

Thanks for reading & sharing JustDoIt

Previous
« Prev Post

5 Comments:

  1. wah kalau harga rantai keteng vixion berapa ya

    ReplyDelete
  2. Makasih, Bang. Aku juga punya masalah yg sama. Motor aku Supra X FI 125. Sukses sllu.

    ReplyDelete
  3. Trimakasi gan info nya,,nasib saya sama kaya nasib agan,,ketika menikmati kopi di pagi hari dan segelas kopi yg agak kebanyakan air nya jadi kurang enak,,samankaya motor yg tek tek kan di pagi hari,, tengs gan,,besok saya bawa ke bengkel sambil menik mati kopi..

    ReplyDelete
  4. Makasih gan atas infonya ,kirain gw aja yang punya masalah kyk gini

    ReplyDelete


Popular