Home » » Mengatasi tenaga Motor ngedrop saat menghidupkan lampu

Mengatasi tenaga Motor ngedrop saat menghidupkan lampu

Kiprox megapro
Masalah pada sepeda motor seringkali membuat para pengguna kerepotan, apalagi bagi yang tidak mengerti sama sekali dengan motor. Ada sedikit pengalaman ni yang ane mau bagi - bagi ke ente sekalian terutama masalah kelistrikan motor.
Oh iya sebelumnya, ane tinggal di batam kebetulan motor ane MegaPro keluaran tahun 2009 yang sering disebut Megi Primus yang dulu termasuk ganteng, tapi sekarang udah gak ganteng lagi karena sudah banyak yang lebih ganteng, hahahaha :D.

Langsung saja, pertama masalah yang timbul terjadi pada lampu. Awalnya lampu depan saya kok
tiba - tiba meredup, setelah itu makin redup lagi ketika menghipukan lampu sein ataupun melakukan pengereman. Hal itu terjadi kira - kira sekitar 3 hari ane biarkan saja, setelah 3 hari ane bawa ke bengkel di daerah depan Uniba Batam, di situlah ane bener - bener dapat pelajaran berharga mahal..xixixiix.
Pada awalnya diutak - atik motor ane dari jam 10.00 WIB sampai dengan jam 13.00 si tukang kagak nemu juga masalahnya, akhirnya si tukang bengkel nyuruh ganti spul (what..??? dalam hati gak percaya, tapi ya sudah ngikut saja). Berhubung ane ada perlu jadi ane pergi dulu dengan dipinjemin motor butut yang kagak ada rem depannya(haduuh...! dalam hati lagi sompret masa ane ninggal megi dipinjemin motor butut,,ahaha) alhasil jam 16.00WIB ane balik ke bengkel dan pengerjaanya hampir selesai, ane juga mau berangkat kerja soalnya. 16.30 WIB akhirnya selesai, megi ane bisa dikendarai dengan normal kembali. Biaya yang harus ane bayar adalah Rp. 430.000,- untuk ganti spull dan ganti oli plus cek ricek kali, walah kosong dah dompet ane , sisa Rp. 20.000,-.

Dua hari berselang kejadian serupa kembali terjadi, malahan pada waktu lampu dihidupkan tenaga si megi langsung berkurang, wah tentunya ane komplain donk ke bengkel, kita sebut saja bengkel semprul. Tiba di bengkel semprul dicek sengolah - ngolah agak malas tu tukang yang ngerjain, padahal ane udah bayar mahal dua hari sebelumnya. Solusi pun tidak ada dan ane pulang dengan menundukkan kepala. Sialnya keesokan harinya motor ane mati total pas pulang kerja jam 8 malam, beruntung ane ada pulsa buat nelpon temen ane dan untungnya lagi dia mau nolong dorong motor ane.


Dalam kondisi malas ke bengkel lagi akhirnya berinisiatif cari tahu sendiri masalah si megi, oh iya sebelumya ane coba ke Ahass, belum dicek si tukang sudah bilang ini Accu (aki) nya harus ganti pak, alamak? ya langsung cabut ane dari Ahass, masa iya belum dicek sudah minta ganti. Ok lah langsung saja, barangkali sudah pada lemas baca kisah singkat ane yang lumayan panjang.

Apabila motor mengalami masalah seperti di atas tadi, monggo sudara - sodara cek dulu yang di bawah ini.
     1. Cek Kiprox anda segera, caranya bisa ente pinjam temen dulu
     2. Cek CDI sodara - sodara, bisa pinjam juga sama temen
     3. Cek Koil sebenarnya jarang terjadi kerusakan
     4. Cek kabel - kabel anda dengan Multitester, tinggal cek di continuity
     5. Jangan lupa Cek dan tanya dulu Mbah Google

Dan pada kasus megi ane setelah cek dan ricek masalah di atas akhirnya selesai sendiri, nyesel juga sudah ke bengkel semprul, masalahnya cuma satu meski agak lama cek perkabelannya.
Ternyata yang jadi masalah adalah 1 kabel ke kiprox ane putus pas di tekukan kabel, dilihat dari luar memang tidak kelihatan, setelah dicek pakai multi ketahuan juga barang itu putus, alhasil ane potong ganti 1 kabel dan normal sampai sekarang.

Sekian berbagi pengalaman dari ane, semoga bermanfaat, bagi yang mau menambahkan silahkan di komentar.


Thanks for reading & sharing JustDoIt

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment


Popular