Home » » Motor tidak bisa dimatikan - Pengalaman

Motor tidak bisa dimatikan - Pengalaman

Kabel kontak motor
Di musim hujan biasanya para pemilik sepeda motor akan mengalami masalah pada kelistrikan kendaraan mereka, kebanyakan hal itu terjadi terhadap kendaraan yang usianya cukup lama yakni diatas 5 tahun. Ya hal tersebut wajar mengingat seringnya kendaraan digunakan baik saat cuaca panas maupun hujan. Tempat parkir juga harus diperhatikan jangan terlalu sering memarkir kendaraan anda di bawah terik matahari secara langsung.

Jika anda mengalami kendala yakni motor anda tidak bisa dimatikan pertama kali silahkan anda cek kabel kontak anda, kemungkinan ada yang konslet, tetapi jika tidak bisa dihidupkan kemungkinan kabel tersebut putus, itulah jawaban dari kebanyakan orang termasuk juga jawaban pihak bengkel, alhasil anda akan didorong untuk mengganti kunci kontak. Sebagai catatan kabel kontak anda berwarna merah dan juga merah strip hitam ( pada umumnya ).

Dari cara di atas saya sendiri sudah mencobanya bahkan sudah menggunakan tester dan ternyata setelah cukup lama tidak ada masalah pada kabel tersebut. Masalah yang terjadi pada motor saya adalah pada waktu sampai tempat kerja saya matikan kontak motor, akan tetapi anehnya motor saya tidak bisa mati padahal lampu indikator ( netral ) sudah mati tetapi mesin masih hidup. Berhubung saya sedang buru - buru karena sudah terlambat saya matikan dengan cara menutup lubang angin ( choke ) pada karbu, motor mati dan saya cabut kabel busi saya, guna menghindari konsleting yang bisa saja terjadi ketika ditinggal kerja.



Ketika selesai kerja saya langsung menuju kendaraan saya, saya buka kembali choke dan pasang kembali kabel busi, saya hidupkan kontak saya lampu netral hidup, distarter hidup normal. Saya tes matikan kontak, dan motor masih belum bisa dimatikan, ketika posisi kontak off pun saya engkol mesin motor menyala, nah jadi bingung saya, maklum baru sekali ngalami hal demikian. Saya pun pulang dengan perasaan galau sambil menghisap sebatang rokok dan berpikir keras. Esok harinya saya coba cek kabel pake multitester dan sebenarnya tidak ada masalah pada kabel - kabel saya, saya coba ganti sekring yang ada di aki ( accu ) seperti ada titik terang, kejadianya ganti sekring pertama motor bisa dimatikan, tetapi lampu netral tidak hidup, dengan kata lain tidak bisa distarter dan harus menggunakan engkol dan rupanya lampunya pun redup. Ganti sekring kedua kembali lagi tidak bisa dimatikan tetapi lampu netral dan lampu motor normal.

Setelah perjuangan panjang saya coba ganti kiprok, karena kebetulan kiprok yang saya pake adalah bukan produk AHM melainkan produk lain karena dulu pernah ganti, beruntungnya kiprok asli ( AHM ) masih saya simpan dan setelah saya ganti hasilnya motor saya kembali normal.

Demikian sedikit pengalaman saya, semoga membantu dan bagi yang ingin menambahkan silahkan pos komentar di bawah. Terima kasih sudah berkunjung.

Thanks for reading & sharing JustDoIt

Previous
« Prev Post

35 Comments:

  1. betul itu gan, memang kalau pakai part gak ori sering terjadi masalah

    ReplyDelete
  2. dan ternyata terjadi juga dengan motor saya, fix bro,,, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang sy px jg hal yg sama ,tpi apa yg sy harus caritau ,apakah sy harus bongkar kabel bodi atau gimana ,engkol hidup di matiin nga mau,,,,

      Delete
  3. Kejadian yg serupa.. Thanks info nya

    ReplyDelete
  4. Kejadian yg serupa.. Thanks info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap, monggo dishare siapa tahu yang lain juga ada yang kebingungan

      Delete
  5. Saya pernah mengalami hal itu, motor ga bisa mati walau kontak off, saya cabut soket yg ada kabel merah hitam ternyata mati, inisiatif sy pake saklar, tapi pas motor masih nyala saya gunting kabel merah hitam alhasil sy kesetrum... Haha... Kaget gue...

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo dishare postinganya, siapa tahu bermanfaat, terkhusus yang bagian motong kabel dalam kondisi motor hidup...wkwkwk,

      Delete
  6. wkwkw, ada2 saja agan ndey tea...

    ReplyDelete
  7. Kalo udh pake kiprok asli tapi masih ga selesai masalah ini gimana ? Saya baru aja alami

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. sepertinya harus diurut kabel satu persatu, kemungkinan ada yg konslet om

      Delete
  9. sama persis mtr ane bro, tdk bsa di matikan, pdhl kunci kontak sdh off, ane tutup kan bbm baru bs mati, hbs itu kelestarian mati total

    ReplyDelete
  10. Motor saya yang sudah usia 14 tahun mengalaminya , sebelumnya ada bunyi ledakan kecil , setelah itu suara mesin jadi kasar

    ReplyDelete
  11. sy baru saja ini mendapatkan legenda yang tdk mau dimatikan,kalau hidupnya sangat bagus,karena baru sy ganti piston.25 mohon intinya

    ReplyDelete
  12. saya baru ngalami... ternyata keliru pasang sekering... tinggal balik saja. masalah beres

    ReplyDelete
  13. Saya baru mengalami om. Kontak off tp mesin ga mau mati. Sy pikir kontak rudak. Sy beli kontak baru ahm tapi al hasil sama. Gak mau mati. Kabel masa warna hijau sy lepas juga ga mau mati. Smp skr blm dpt solusi men temen. Mohon infonya.

    ReplyDelete
  14. Sama legenda sya jg gak mow mati

    ReplyDelete
  15. Saya sekarang mengalami.. sudah dibelikan kontak baru,kontak lama sudah saya lepas kabel"nya aki sudah saya copot.. tapi motor saya slenger masih tetep hidup

    Gimana ya gan?

    ReplyDelete
  16. saya juga baru mengalaminya di honda grand. udah lawas sih keluaran tahun 95

    ReplyDelete
  17. kalau motor saya gimana ya gan,punya motor 2 tak tornado gs,awalnya ngegas sendiri,jadinya tanpa pegang setir pun motor berjalan,anehnya sampai bengkel,saya kontak off,tdk mau mati,cup busipun dilepas,juga tdk mau mati,orang bengkel pun bingung,alhasil,selang karbu dicopot dan disumbt,lama lama baru mati mesin motor,kira kira apa ya penyebabnya

    ReplyDelete
  18. kalau motor saya gimana ya gan,punya motor 2 tak tornado gs,awalnya ngegas sendiri,jadinya tanpa pegang setir pun motor berjalan,anehnya sampai bengkel,saya kontak off,tdk mau mati,cup busipun dilepas,juga tdk mau mati,orang bengkel pun bingung,alhasil,selang karbu dicopot dan disumbt,lama lama baru mati mesin motor,kira kira apa ya penyebabnya

    ReplyDelete
  19. Saya kira dia robot ga mau mati2

    ReplyDelete
  20. Saya juga om baru aj aj terjadi
    Pdahal uda di kunci stang nya
    Saya coba engkol tetap nyala

    ReplyDelete
  21. Coba cek kabel bendiknya om. Siapa tau ada yang ngelupas baik yang di switch nya bahkan yang terhubung ke dinamo dan accu.

    ReplyDelete
  22. Baru aja terjadi bos cuman saya pas itu kira aki atau kiprok ya. Tapi pas di cek ternyata yg di starternya itu yg kosleting + saluran kartunya alhasil bener lagi. Ini terjadi pada motor saya yg usianya 11 tahun

    ReplyDelete
  23. Mohon solusi mas bro.. saya punya kendala dengan motor yamaha jupiter mx saya mesinnya tetap menyala walaupun kunci kontak dalam posisi oof..dan mesin motor saya bisa hidup tanpa menggunakan kunci kontak..masalahnya terletak di mana ya mas bro..saya mohon solusi kepada mas-mas bro.. yang sudah berpengalaman di bagian kelistrikan sepeda motor..trima kasih..

    ReplyDelete
  24. Thanks ilmunya, mau saya coba..

    ReplyDelete
  25. Kejadian yg sama dgn motor saya..tapi sudah saya ganti kiproknya motor tetap tidak mau mati dlm posisi kontak sudah di off

    ReplyDelete


Popular