Home » » Cara membuat label dan cover dvd dengan Adobe Photoshop

Cara membuat label dan cover dvd dengan Adobe Photoshop


Selamat datang dan melihat – lihat di blog sederhana saya ini, untuk kali ini saya akan menulis artikel bermanfaat lain yang saya harap berguna untuk para pembaca dengan judul cara membuat label dan cover dvd dengan adobe photoshop. Biasanya yang mencari tutorial seperti ini adalah para editor video yang masih baru berkecimpung di dapur editing ataupun yang bagi sobat yang ingin menyimpan file ke dalam disk cd/ dvd. Menurut saya melabeli cd/ dvd adalah hal yang sangat penting karena itu tentu saja akan memudahkan kita jika kelak ingin menggunakan cd/ dvd tersebut.

Biasanya file yang disimpan ke dalam dvd adalah file video/ film, music, operating system atau biasanya windows dan linux serta software – software penting dan cukup sulit didapatkan. Bisa saja kita menggunakan spidol ataupun kertas tempel yang kemudian ditulis dengan pena, tetapi hal tersebut akan terlihat tidak rapi dan juga professional. Jika sobat adalah seorang editor maka membuat label dvd mutlak harus dikuasai karena hal tersebut sangat penting, ah daripada kelamaan ngetik yang kagak jelas langsung saja lah ya sob.

Jadi begini, dalam tutorial kali ini saya menggunakan adobe photoshop untuk membuat label dvd. Sobat bisa menggunakan dari adobe photoshop 6 sampai adobe photoshop cs6 sekalipun, karena turorial ini tidak membutuhkan efek ataupun macam – macam. Bahkan bagi yang belum mahir menggunakan adobe photoshop pun bisa membuat label dan cover dvd dengan mudah.
Langkah pertama buka adobe photoshop, buat halaman baru dengan ukuran 13 cm x 27 cm dengan resolusi minimal 300 agar hasilnya bagus dan tidak pecah nantinya saat dicetak. kenapa ukuranya segitu? Karena hampir semua kertas label dvd menggunakan ukuran tersebut. Kertas label dvd harganya juga sangat terjangkau, hanya sekitar 13 ribu rupiah dengan isi 50 lembar dan bisa digunakan untuk 100 label dvd karena 1 lembar berisi 2 lingkaran. Dan untuk diketahui saja bahwa ukuran cd/ dvd adalah 12 cm x 12 cm.

Selanjutnya munculkan kita sebut saja meteran pada halaman photoshop, caranya mudah tinggal klik ctrl + r . Setelah muncul klik kanan pada garis meteran tersebut dan pilih cm. Jika sudah tinggal sobat tarik garis dari atas 1cm, kemudian tarik lagi 12 cm – tarik lagi 1 cm untuk jarak antar 2 lingkaran pada kertas dan tarik lagi 12 cm hinga tersisa 1 cm dari bawah. Jika sudah tarik juga dari samping dengan ukuran ½ cm di sisi kiri dan kanan. Setelah terbentuk kotak 12 cm x 12 cm tinggal buat lingkaran di dalamnya dan selamat berkreasi membuat design untuk label cd/ dvd.


Nah setelah label dvd selesai dibuat dan ditempel jangan lupa untuk membuat cover dvd juga, oh iya lupa label dvd adalah lingkaran/ bulatan yang ditempel pada dvd, sementara cover dvd adalah bungkus dvd itu sendiri. Untuk cover dvd biasanya yang isi dua dvd ukurqanya adalah 27 cm x 15 cm, tapi untuk memastikanya sobat bisa ukur dengan penggaris ukuran yang harus dibuat. 

Baiklah sekian tulisan tentang cara membuat label dan cover dvd dengan adobe photoshop, jika ada yang salah dan ingin menambahkan silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaan dan silahkan lihat – lihat artikel yang lain, terima kasih sudah mampir.

Thanks for reading & sharing JustDoIt

Previous
« Prev Post

3 Comments:


Popular