Home » » Cara cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan secara Online

Cara cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan secara Online

Di jaman yang serba Modern ini banyak sekali hal yang bisa dilakukan dengan hanya di rumah saja yaitu dengan cara akses internet atau yang biasa disebut Online. Di artikel ini saya akan mencoba membantu membuat tutorial tentang cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan atau yang dulu disebut Jamsostek secara online.  Meskipun agak lupa detilnya tapi akan saya coba uraikan dengan cara yang mudah, karena harap maklum saya sendiri sudah daftar BPJS Ketenagakerjaan secara online sejak tahun 2012 lalu saat namanya masih jamsostek. Keuntunganya ya tentu saja kita akan bisa dengan mudah mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang kita punya setiap bulannya, dan hal tersebut juga bisa berfungsi agar kita tahu perusahaan tempat kita bekerja membayarkan iuran BPJS Ketenagakerjaan kita atau tidak.

Ada beberapa hal yang mungkin perlu diketahui tentang BPJS Ketenagakerjaan, yakni tentang program yang dilaksanakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Ada 6 program dalam BPJS Ketenagakerjaanyakni sebagai berikut :
* Program Jaminan Hari Tua (JHT)   
* Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) 
* Program Jaminan Kematian (JKM) 
* Bukan Penerima Upah (BPU) 
* Jasa Kontruksi  
* Program Jaminan Pensiun
 Dari 6 (enam) program BPJS Ketenagakerjaan di atas sobat bisa mencari tahu detilnya ke website resmi http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/ 
 
Nah sekarang tiba waktunya untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan secara online (maksudnya agar bisa cek saldo secara online) dan bukan pendaftaran kepesertaan. BPJS Ketenagakerjaan sendiri menyebutnya Electronik Service.
          Di halaman muka/ home sobat akan melihat 3 baris tulisan yakni Tenaga kerja – Perusahaan – Mitra, silahkan sobat pilih Tenaga kerja dan setelah itu klik Registrasi.
  • Sobat akan menuju ke halaman registrasi dan segeralah isi form sesuai dengan data sobat, dan pastikan jangan ada yang salah karena data sobat sudah ada di pusat data website BPJS Ketenagakerjaan sehingga kalau salah data maka pasti akan ditolak dan harus mengisi dengan benar (kesalaha bisa saja terjadi akibat biasanya ketika masih muda para pekerja terkadang asal mengisi form atau bahkan belum begitu paham dengan isi mengisi formulir)
    Daftar Electronic Service
  • Setelah itu centang tulisan saya setuju dan submit data
  • Setelah itu sobat akan masuk ke halaman untuk mengisi lagi yakni nama akun dan password, sebelumnya sobat cek dahulu email yang sobat pakai untuk pendaftaran karena akan dikirimkan kode/ pin verifikasi untuk bisa mengaktifkan akun sobat. (Beberapa waktu lalu ada masalah mengenai hal ini, karena teman saya tidak pernah menerima pin verifikasi tersebut tetapi saya menerima pin verifikasi, jadi saya tidak tahu kesalahan yang terjadi yang dialami teman saya)


Setelah mendapatkan email untuk verifikasi segera lakukan verifikasi dan cobalah untuk login ke website BPJS Ketenagakerjaan untuk bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan sobat.
Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan juga bisa dilakukan dengan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang bisa diinstall ke handphone/ gadget sobat, caranya juga sangat muda, jika belum mendaftar sobat bisa mendaftar lewat aplikasi tersebut. Jika sobat sudah pernah mendaftar di internet maka bisa langsung login saja dengan email sobat (oh iya, yang terbaru pihak BPJS Ketenagakerjaan mengirimkan PIN ke alamat email sobat untuk bisa digunakan untuk akses Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Mobile karena tidak bisa menulis huruf alias hanya angka). Dan untuk tampilan aplikasi bpjs ketenagakerjaan adalah sebagai berikut.



Satu catatan lagi bagi pekerja yang pernah akses BPJS Ketenagakerjaan secara online maka BPJS Ketenagakerjaan akan mengirimkan catatan saldo tahunan berupa file pdf ke email pekerja tersebut dan tidak mencetaknya lagi agar dibagikan ke perusahaan ke para karyawanya.

Sekian tulisan dari saya, meskipun tidak begitu bagus tulisan saya semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca. Dan jika ada kesalahan silahkan tulis di kolom komentar karena memang aplikasi untuk BPJS Ketenagakerjaan ini masih banyak yang complain, hehehe

Thanks for reading & sharing JustDoIt

Previous
« Prev Post

5 Comments:

  1. KABAR BAIK! KABAR BAIK!

    Untuk mengenalkan diri dengan benar,
    Ibuku SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

    Saya adalah pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
    Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:

    Susanbowmanloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  2. ini yang dicari2 nih cara cek tagihan bpjs thanks gan. nice artikel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat gan, jangan lupa share yo

      Delete
  3. Cara cek saldo bpjstk bpu gmn ? Soalnya gk ada nomer bpjsnya mksh

    ReplyDelete
  4. Maap admin mau tanya kalau bpjs ketengakerjaan BPU bisa di cek saldo gak ya ? Mohon pencerahan nya sekian terimakasih

    ReplyDelete


Popular