Home » » Manfaat dan Bahaya Minum Kopi

Manfaat dan Bahaya Minum Kopi

Secangkir Kopi merupakan minuman seduhan biji kopi yang telah diolah menjadi bubuk. Kopi menjadi komoditas yang dibudidayakan di lebih dari 50 negara. Dua jenis tanaman kopi yang paling terkenal yaitu Kopi Robusta dan Kopi Arabika. Sejarah mencatat kopi sebagai minuman berkhasiat pertama kali ditemukan oleh Bangsa Afrika sekitar 1000 sebelum masehi. Negara Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahun. Dan di Indonesia sendiri yang paling terkenal dan minuman kopi paling mahal adalah Kopi Luwak yang prosesnya melalui atau menggunakan Hewan bernama Luwak.
Kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia dan dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat.
Nama kopi sendiri berasal dari Bahasa Arab: qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi,kemudian mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda.
Kopi menjadi minuman yang sangat digemari baik oleh kaum pria ataupun wanita. Minuman yang dikenal bisa mengurangi kantuk ini sangat umum di masyarakat Indonesia. Bahkan, masyarakat Indonesia bisa menikmati minuman ini di rumah, warung, hingga di pusat perbelanjaan karena hampir semua lokasi menjual jenis minuman yang satu ini.  “ Cara kerja Kafein dalam tubuh yaitu dengan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel syaraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin” sehingga bisa dipahami kenapa minuman ini bisa mengurangi rasa kantuk.

Manfaat Kopi, Dalam dunia kedokteran, kafein digunakan sebagai perangsang kerja jantung dengan cara meningkatkan adrenalin, selain itu juga untuk meningkatkan produksi urin. Jika dosisnya tepat kafein dapat berfungsi sebagai penambah stamina, di mana kafein itu bisa mempercepat gerak sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak mudah mengantuk  karena dengan meningkatnya adrenalin akan membuat jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra. Maka dari itu minuman berenergi atau pembangkit stamina umumnya mengandung kafein di dalamnya, jika tidak percaya anda bisa coba baca bahan – bahan yang terkandung yang biasanya terdapat pada kemasan.

Bahaya Kopi, Seperti makanan dan minuman pada umumnya, kopi juga bisa menjadi berbahaya jika tidak sesuai atau berlebihan saat meminumnya. Ada sumber yang mengatakan pada jaman dahulu di tanah arab hokum kopi sempat menjadi haram karena menimbulkan efek ketergantungan atau kecanduan, namun selanjutnya hkum itu sudah tidak berlaku lagi karena kandungan kopi sendiri memiliki beragam manfaat.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari dapat meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah, jadi sebaiknya minum kopi cukup 1 – 2 gelas perhari. Kafein sendiri bisa mengakibatkan penyakit Insomnia (gangguan susah tidur), sakit kepala dan merasa tegang. Untuk wanita hamil tidak disarankan mengkonsumsi minuman ini, Hal ini karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Pada janin dapat menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin.

Thanks for reading & sharing JustDoIt

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment


Popular