Home » » Mengatasi Handphone kena air

Mengatasi Handphone kena air

Handphone yang sudah menjadi komoditas yang sangat popular dan sangat dibutuhkan oleh hampir seluruh masyarakat sekarang ini tentunya menjadi hal penting. Bagaimana jika handphone anda rusak ? tentu saja anda akan cukup kebingunan, banyak hal yang menyebabkan handphone rusak dan salah satunya yang akan saya sampaikan di sini adalah handphone rusak karena kena air, bisa karena kehujanan ataupun jatuh ke tempat basah dan cara lain.

Cara mengatasi handphone yang terkena air sebenarnya cukup mudah karena saya juga pernah mengalaminya sendiri, itu terjadi pada handphone merk htc saya. Ceritanya pada saat malam pulang kerja terjadilah gerimis, yak arena hanya gerimis saya tidak begitu khawatir handphone saya basah. Saat sampai di rumah ternyata handphone saya basah dan tidak bisa dihidupkan, wah bisa berabe ini karena waktu itu saya masih menjalankan bisnis kecil – kecilan yang sangat mendandalkan handphone tersebut. Ya sudahlah daripada berlama – lama langsung saja saya beri info cara mengatasi handphone yang terkena air, kira – kira seperti berikut ini caranya :

  • ·         Ketika anda dalam perjalanan dan kehujanan sebaiknya langsung anda matikan handphone anda, segera cabut batere dari tempatnya dan segera amankan

  • ·         Jika rupanya anda terlambat dan tidak bisa menghidupkan handphone karena basah segera cabut batere dan jangan coba dihidupkan lagi

  • ·         Bongkar handphone anda segera, buka slot yang menempel di chasing dengan PCB handphone seperti part camera

  • ·         Keringkan PCB dengan menggunakan tisu

  • ·         Setelah kering siapkan Tinner dan kuas, seka PCB dengan dengan tinner dengan menggunakan kuas, sedikit – sedikit saja dan perlahan

  • ·         Setelah semua diseka, jemur PCB dan part handphone anda di bawah terik matahari selama kurang lebih 1 jam/ anda juga bisa menggunakan hairdryer untuk mengeringkanya karena saya yakin anda tidak punya blower :D

Tetapi saya sarankan meski telah menggunakan hairdryer, untuk tetap menjemur handphone anda di bawah terik matahari. Setelah semua dipastikan kering anda bisa memasang kembali hp anda. Selain dari pengalaman pribadi saya memang juga pernah mengobrol dengan seorang tukang service handphone  yang menyarankan hal tersebut dilakukan jika handphone terkena air, dan hasilnya ya handphone saya hidup lagi. Mungkin tidak bisa berhasil untuk semua handphone karena tergantung kerusakan yang ditimbulkan saat terkena air, tetapi tidak ada salahnya mencoba karena saya sendiri sudah membuktikanya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan jika ada yang mau menambahkan silahkan tulis di kolom komentar di bawah, terima kasih.

Thanks for reading & sharing JustDoIt

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment


Popular