Home » » Bank Sampah Menguntungkan Untuk Seluruh Warga

Bank Sampah Menguntungkan Untuk Seluruh Warga

Sampah merupakan sisa dari barang yang telah digunakan, karena namanya sisa maka sebagian besar orang pasti membuangnya ke tempat sampah.

Bank Sampah
Namun  saati ini sudah banyak berdiri Bank Sampah di kota - kota di indonesia, nah jika di tempat anda sudah ada Bank sampah tidak ada salahnya jika anda menyimpan barang yang tidak digunakan di rumah anda untuk kemudian ditabung di bank sampah. Untuk jenis sampahnya tentu saja yang sifatnya tidak mudah busuk atau bisa didaur ulang dan biasanya sudah ditetapkan oleh Bank Sampah itu sendiri, seperti kardus/ karton, botol kaca, botol plastik dan beberapa benda lain. 
Ada yang unik di wilayah kelurahan Taman Baloi Batam, Kecamatan Batam Kota. Di tempat tersebut anda bisa bayar beras miskin atau  raskin yang biasanya dibagikan setiap bulan hanya dengan sampah, yaitu melalui Bank Sampah. Mungkin sebagian orang belum mengetahui menabung dengan menyetor sampah rumah tangga, uangnya bisa dipergunakan untuk membeli beras miskin.

Sejak awal tahun 2016 ini di Kelurahan Taman Baloi sejumlah warga terutama keluarga miskin mengumpulkan sampah atau limbah rumah tangga yang bernilai ekonomis, diantaranya botol air mineral, kardus atau plastik untuk disetorkan ke Bank Sampah. Sedikitnya dua pekan sekali warga menyetorkan sampah atau limbah  tersebut ke Bank Sampah yang terletak di kantor kelurahan selanjutnya berat sampah ditimbang dan penyetor atau warga mendapatkan sejumlah uang yang disimpan dalam buku rekening Bank Sampah.

Camat batam kota Ridwan Afandi menjelaskan program bayar raskin dengan sampah ini mengandung sejumlah manfaat, diantaranya mengajak warga peduli kebersihan karena dengan mengumpulkan sampah tentu saja lingkungan tempat tinggal warga akan lebih bersih. Sekaligus uang yang disimpan di buku rekening Bank Sampah dari hasil sampah tersebut bisa digunakan untuk membayar  beras miskin atau raskin. Sementara itu Lurah Taman Baloi Dwiki Septiawan menambahkan nilai ekonomis sampah persatu kilogramnya berbeda dan sudah ditentukan oleh Bank Sampah tergantung jenisnya. 

Seorang warga sekaligus anggota DPRD Kota Batam Kelurahan Taman Baloi  bernama Aman menyambut baik program ini, ia berharap program ini bisa diterapkan di semua kelurahan di kecamatan batam kota, bahkan seluruh Kota Batam. Sejak Bank Sampah dibuka pagi hari sejumlah warga Kelurahan Taman Baloi langsung mendatangi kantor kelurahan untuk menyetorkan beraneka ragam sampah  untuk kemudian ditimbang dan tentu saja buku tabungan Bank Sampah mereka nominalnya bertambah.

Nah bagaimana, apakah saudara - saudara mau bergabung menjadi anggota Bank Sampah ? Atau bisa juga bagi anda yang memiliki cukup modal bisa membuka Bank Sampah di wilayah anda yang tentu saja hal tersebut bisa memberikan manfaat ataupun keuntungan bagi seluruh pihak.

Thanks for reading & sharing JustDoIt

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment


Popular