Home » » Cara merakit PC/ Komputer sendiri

Cara merakit PC/ Komputer sendiri

Rakit pc
Seperti judul di atas, kali ini saya akan memberikan tutorial untuk merakit komputer atau PC sendiri. Karena jika kita pergi ke toko komputer tentu saja biayanya akan bertambah dan tentu saja jika bisa merakit komputer/ PC sendiri akan bermanfaat bagi kita apabila ingin mengganti atau mengupgrade hardware yang kita miliki. Saya akan membahas PC dengan processor Intel untuk saat ini. Berikut peragkat - perangkat yang harus disiapkan.


1. Mainboard/ Motherboard

 Motherboard atau sering juga disebut papan sirkuit untuk pc ini tersedia bermacam - macam merk, dari biostar, gigabyte, asuz, msi, esc dan beberapa lagi merk lain. Kita akan membahas yang paling umum digunakan oleh kebanyakan orang dan cukup mumpuni untuk pekerjaan dan bermain beberapa game (bukan game yang sangat berat tentunya). Di sini saya menyarankan anda untuk merakit pc dengan chipset LGA775 karena meskipun agak jadul tetapi semua sparepartnya mudah didapatkan dan juga cukup mumpuni untuk digunakan. Jika anda ingin yang lebih lagi anda bisa memilih chipset LGA1366 (biasanya cukup kesulitan jika akan mengganti motherboard karena tidak begitu banyak di pasaran), chipset LGA1156 masih cukup baru dan masih banyak beredar ataupun LGA1155 yang merupakan keluaran seri terakhir sampai saat ini dan harganya cukup wah, hehehe. Untuk merk sendiri saya rekomendasikan Gigabyte atau Asuz karena produknya cukup tahan lama dan memiliki performa yang bagus.

2. Processor + Heatsink (kipas)

Seperti yang saya tulis di nomor satu, processor yang kita butuhkan yakni dengan chipset LGA775, diantaranya adalah Processor Dual Core, Core2Duo dan juga Core2Quad. Banyak seri untuk masing - masing processor ini. Untuk menunjang kebutuhan saya sarankan membeli Core2Quad Seri Q9xxx karena anda tidak akan terlalu ketinggalan dengan keluaran terbaru untuk masalah performa. Jangan lupa untuk memasang juga Heatsink (kipasnya)

3. Hardisk dan DVD Room

Untuk hardisk saya sarankan menggunakan 2 buah hardisk, tujuanya untuk memisahkan hardisk untuk sistem dan untuk menyimpan data. Untuk sistem sebenarnya cukup yang 160gb, itu pun sebenarnya sudah lebih dari cukup. dan untuk data anda bebas memilih kapasitasnya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan anda. Merk bisa apa saja, baik Seagate, WD (western digital), Hitachi, Fujitsu, Thosiba dan beberapa yang lain, untuk HD saya menyarankan Seagate untuk performa yang bagus, tentu saja anda harus melihat terlebih dahulu speed rpm yang tertera pada cover hardisk tersebut.

4. Ram/ Memory

Untuk ram yang kita pakai adalah DDR2 dan dibutuhkan minimal 2gb dan pc6400, atau kalau saya sarankan sebaiknya 4gb dan kalau bisa pc10600 karena akan lebih ringan saat kita membuka beberapa program di pc nantinya. Ram/ Memory sendiri yang lazim dipakai untuk saat ini adalah DDR2 dan DDR3, tentu saja soal kecepatan yang DDR3 lebih cepat karena minimal pc8200 dan sampai pc12800 ada juga yang bilang yang terbaru sekarang pc16000.

5. VGA Card

Sebenarnya sebagian motherboard sudah memiliki vga bawaan sendiri, akan tetapi ya anda harus sangat sabar dalam menggunakan komputer anda, apalagi jika memainkan game, wah bisa sambil masak nasi kali, hahaha. Perlu diketahui bahwa tidak semua motherboard memiliki VGA Onboard/ bawaan, contohnya untuk merk Asus saya malah jarang menemukan motherboard ini memiliki vga onboard, mungkin karena kebanyakan produknya diperuntukkan untuk bermain game jadi hampir pasti Usernya tidak akan menggunakan VGA Onboard alias beli VGA lagi. Untuk VGA Card ya terserah anda akan menggunakan komputer anda untuk apa tinggal disesuaikan kebutuhannya dan tentunya memory vga dan bit nya harus diperhatikan. Garis besarnya adalah jika anda ingin menggunakan komputer anda utnuk design/ animasi 3d anda sebaiknya menggunakan Nvidia Quadro, jika untuk game pakailah selain Quadro dan sesuaikan dengan kebutuhan anda karena harnganya cukup lumayan.

6. Sound Card

Lagi - lagi satu komponen yang sebenarnya sudah ada di motherboard itu sendiri, akan tetapi saya jamin jika menggunakan soundcard anda akan lebih nyaman mendengan suara dari PC/ komputer anda. Suaranya lebih bersih dan lebih keras tentunya. Yang biasa dipakai kebanyakan orang adalah SoundBlaster dan banyak seri yang sudah dikeluarkan mulai dari harga 150ribu sampai dengan jutaan jadi tinggal sesuaikan saja dengan kantong saudara - saudara.

7. Power Suply

Barang yang satu ini cukup riskan karena kita tidak tahu berapa besar yang kita butuhka, jadi saran saya untuk merakit PC sebaiknya cari minimal 500 watt dan kalau bisa yang pure. Tujuanya agar ketika kita mengupgrade atau menambahkan perangkat baru tidak ada masalah dengan sumber daya, sukur - sukur bisa dapat yang 700 watt, hehehe.

8. Chasing dan perlengkapan (kabel), jangan lupa obeng juga

Untuk chasing bebas pilih tapi disarankan yang agak besar dan bukan terbuat dari besi, karena kalau listrik di rumah tidak bagus sangat rawan kesetrum, ya emskipun kecil cuman 12volt tapi cukup bikin kaget. kabel - kabel juga jangan lupa, seperti kabel untuk hardisk, kabel vga dan juga kabel power.


                   * Langkah pertama adalah pasang terlebih dahulu processor beserta heatsink ke motherboard,   cara pasangnya ikuti tanda panah berupa segitiga di ujung processor dan juga di ujung slot chipset processor pada motherboard.  Untuk Heatsinknya pasang kabel power untuk kipasnya pada pin yang bertuliskan CPU Fan, karena jika salah pasang pc anda tidak akan menyala (ada juga yg bilang pin CPU Fan tidak harus kipas processor/ heatsink namun bisa kipas tambahan yang menempel di chasing, saya sendiri belum pernah coba).

                   * Setelah dipastikan baut heatsinknya kencang taruh motherboard ke dalam chasing dan pasang baut agar menempel dengan kuat.  Jangan lupa untuk menaruh backpanel/ plat untuk bagian belakang terlebih dahulu.

                   * Berikutnya pasang Ram/ Memory pada slotnya, pasang dan dorong secara perlahan tapi kuat dan pastikan terdengar suara klik saat memasangnya dan jangan lupa kunci ram nya.

                   * Pasang VGA Card pada slot PCI (tenang saja pokoknya pada komponen komputer jika tidak sama lubang slot dengan komponen berarti tempatnya bukan di situ, jadi cari yang pas saja). Pastikan memasangnya kuat, sudah dipasang baut di bagian belakang dan sudah dikunci karena pada slotnya ada sebuah pengunci.

                   * Pasang Soundcard sama seperti cara memasang VGA Card, bedanya pada sound card tidak ada pengunci kecuali baut di bagian belakang chasing.

                   * Pasang hardisk dan dvd room dengan menggunakan kabel data/ sata.

                   * Yang terakhir pasang Power Suply, jangan lupa dikunci dengan baut, biasanya ada 4 buah baut dipasang dari belakang chasing. Pasang kabel power ke motherboard seharusnya ada dua set kabel yang dipasang ke motherboard dan pasang juga power untuk hardisk, dvd room dan VGA Card (jika ada). 


Setelah semua selesai tinggal pasang kabel power untuk tombol on/ off di komputer anda, di motherboard ada pin yang anda harus pasang dengan kabel power dari chasing, biasanya ada 3 buah kabel yakni power, reset dan led, tinggal disesuaikan tanda tulisan di kabel dengan pin yang ada di motherboard tandanya biasanya PW, RS dan LED setelah itu pasanga kabel usb dari chasing ke pin di motherboard yang bertuliskan USB di sampingnya, tujuanya adar colokan USB pada komputer anda di bagian depan bisa berfungsi.

Sekian cara merakit PC/  komputer dari saya, jika ada pertanyaan silahkan post di komentar dan semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing JustDoIt

Previous
« Prev Post

3 Comments:

  1. Lagi Butuh Uang ? ??
    Ingin mendapatkan Uang jajan lebih ?
    Dominopelangi.net SOLUSINYA
    Login dan Mainkan Game nya
    Tersedia 8 Game dalam 1 UserID
    Ayo Gabung bersama kami di DOMINOPELANGI (.)net
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Kami hadirkan permainan Terbaik dari DOMINO206 permainan
    dalam website
    Pusat Game Domino ONline Terpercaya Se-Asia
    Hanya cukup menggunakan 1ID saja anda sudah bisa menikmati 8 game Populer

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Tunggu apa lagi silahkan Registrasi diri anda bersama kami.
    Dan nikmati kembali BONUS REFFERAL terbesar 15% untuk anda.
    Untuk lebih informasi lebih lanjut kalian bisa langsung berdikskusi
    langsung dengan CS handal.

    MInimal Deposit 20rb
    Minimal Witdraw 20rb

    BBM : 2BE3D683 / E3EE3B63
    WA : (+85587480626)
    LINE : DOMINO206
    IG : domino_206


    Link Alternatif
    WWW .DOMINOPELANGI. NET
    WWW .DOMINOPELANGI. COM
    WWW .PELANGIDOMINO. NET

    Bank Online 24 jam (kecuali gangguan)
    - BNI
    - BCA
    - BRI
    - MANDIRI
    - DANAMON

    Salam Kemenangan ^_^

    ReplyDelete


Popular