Home » » Apakah SSD lebih cepat dari hardisk dan SShd

Apakah SSD lebih cepat dari hardisk dan SShd


SSD merupakan singkatan dari solid state drive, berfungsi sebagai tempat penyimpanan data pada computer atau laptop. Menurut wiki Ssd sendiri sebenarnya sudah diproduksi pada awal 1970-an namun saat itu memakan biaya produksi yang sangat besar sehingga produksinya sangat terbatas. Baiklah daripada membahas masa lalu yang saya sendiri juga kurang paham sebaiknya kita bahas saja yang masa kini. SSD sebagai alat penyimpanan data berfungsi sangat baik, jika dibandingkan dengan hardisk maka SSD memiliki banyak keunggulan salah satu yang paling terlihat adalah kecepatan membaca data pada ssd tersebut.


Apa perbedaan SSD dan Usb Drive atau yang biasa kita sebut flashdisk?

Pada dasarnya SSD dan flasdisk adalah sama, yang membedakan adalah kecepatan transfer data. Selain flasdisk kita juga tahu yang namanya sd card, mini sd, mmc yang sebenarnya adalah sejenis, namun untuk SSD sengaja dirancang untuk menunjang kebutuhan user yang ingin mengakses komputer atau laptopnya dengan cepat. Berbeda lagi dengan Memory/ RAM, SSD dan ram sama – sama menyimpan dan mentransfer data pada saat proses penggunaan komputer, yang membedakan adalah data pada ram akan hilang ketika koneksi listrik mati, sedangkan SSD tetap menyimpan data meski komputer mati.

SSD saat ini sudah banyak sekali beredar di Indonesia, untuk harganya memang cukup lumayan karena untuk yang kapasitas 120 gigabyte harganya bisa sama dengan harga hardisk berkapasitas 1 Tb. Biasanya orang memakai SSD hanya untuk system operasi pada sebuah komputer atau laptop, bayangkan saja jika menggunakan hardisk saat menghidupkan komputer bisa memakan waktu hingga 30 detik dan bahkan lebih, sedangkan saat saya mencoba dengan SSD loading windows hanya sekitar 12 detik dan jika hardware lain yang anda miliki seperti ram dan vga mumpuni ada yang mengatakan loading windows hanya membutuhkan waktu 3 - 4 detik, luar biasa bukan. Kelebihan lainya adalah jika pada hardisk akan terdengar suara bising karena masih menggunakan disk untuk media penyimpanan sedangkan SSD tidak mengeluarkan suara karena system penyimpananya menggunakan memory. Selain itu SSd juga lebih hemat dalam konsumsi energy listrik, lebih aman terhadap getaran, guncangan dan juga lebih tahan terhadap temperatur tinggi. SSD juga menggunakan teknologi TRIM, dari yang say baca fungsi kinerja teknologi ini adalah menghapus file yang telah terdelete secara permanen saat komputer atau laptop dimatikan, maksudnya adalah jika pada hardisk biasa file yang kita hapus sebenarnya masih ada pada sektor hardisk tersebut hanya saja mendapat perintah untuk tidak diperlihatkan sehingga semakin lama kinerja hardisk akan semakin menurun salah satunya karena file – file sampah tersebut menumpuk dan berserakan di dalam sana.

Oh iya sekedar tambahan selain SSD dan Hardisk masih ada satu lagi yang namanya SSHD, yakni Solid State Hibrida Disk yang memiliki ketebalan sedikit lebih tebal dari hardisk dan untuk kualitas secara keseluruhan adalah berurutan dari SSD – SSHD – Hardisk. Pada SSD yang saya tahu sudah didukung dengan dengan kabel sata 3 yang mampu membaca dan menulis data minimal 6gb/ second sehingga pembacaan SSD ini bisa mencapai 32gb/ second, dan yang penting sobat tidak perlu khawatir karena slot sata 3 sama dengan sata 2. Konon katanya kecepatan SSD adalah 10 - 12x lebih cepat dari hardisk, jadi sobat mau pilih yang mana tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.

Dan demikian sedikit ulasan dari saya dengan kata – kata yang belepotan, yang penting saya harap tulisan ini bermanfaat bagi sobat pembaca sekalian. Jika ingin menambahkan atau mau koreksi silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih sudah mampir.

Thanks for reading & sharing JustDoIt

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment


Popular